Rabu, 05 Maret 2014

TIPS MEMILIH OLI MOBIL



Di pasaran banyak beredar oli dengan berbagai spesifikasi yang diperuntukan untuk mobil keluaran terbaru, tentunya itu sangat membingungkan bagi kita konsumen awam. Oli mahal belum tentu cocok dengan kendaraan kita. kalo sampai salah pilih malah mesin mobil kita yang rusak.

Dibawah ini tips dalam memilih oli :

1. Baca buku manual mobil anda, disitu tertera spesifikasi mesin dan jenis oli yang sesuai.

2. Perhatikan tingkat kekentalan (SAE) oli. Untuk mobil-mobil modern yang menggunakan teknologi VVT atau VVTi biasanya pakai  SAE 10W40 atau SAE 5W30. huruf "W" yang terdapat di belakang angka awal adalah singkatan dari Winter. SAE 10W40 bisa diartikan oli tersebut memiliki kekentalan SAE 10 pada kondisi suhu dingin dan SAE 40 pada kondisi suhu panas. oli SAE 5W30 cocok untuk daerah bersuhu dingin, sedangkan oli SAE 20W50 cocok untuk daerah tropis.

3. Oli Syntetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (Turbo, Supercharger, DOHC dan lainnya), dimana membutuhkan pelumasan yang lebih baik karena celah antar logam lebih sempit.

4. Perhatikan juga kode lain seperti API. API SM khusus untuk mobil -mobil terbaru, dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk mobil keluaran 2004 kebawah, dianjurkan pakai kode SL dan SJ untuk mobil 2001 ke bawah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar